breaking news New

MAKANAN PENDAMPING KHAS SOLO YANG WAJIB KAMU COBA

Jika kamu mengunjungi kota Solo, selain ingin mencicipi makanan beratnya yang mengenyangkan, kamu wajib mencoba jajanan ringan yang ada di kota Solo. Jajanan ini berupa minuman segar dan makanan tradisional yang mempunyai rasa yang khas. Apa saja makanannya, mari simak berikut ini.

1. Es Dawet Telasih
Es dawet telasih adalah minuman yang terbuat dari campuran ketan hitam, biji selasih, gula cair, santan dan juga jenang sumsum. Selasih adalah biji dari pohon kemangi yang sudah dicampur dengan air. Biji yang direndam dengan air ini kemudian membuat biji tersebut menjadi mengembang diselaputi lapisan yang kenyal. Perpaduan antara setiap bahan tersebut terasas segar dan dapat menghilangkan rasa haus pada pada siang hari yang terik.

2. Es Gempol
Es gempol merupakan perpaduan antara gempol dan santan. Gempol sendiri merupakan adonan tepung beras yang dibentuk dengan jempol baru kemudian dikukus setelah diberi warna. Es gempol memiliki cita rasa yang manis. Rasa manis dan gurih dari santan serta gula jawa cair membuat Es Gempol bisa menjadi makanan penutup yang sangat nikmat.

3. Lenjongan
Lenjongan adalah jajanan tradisional gabungan dari sejumlah cemilan manis khas Solo, seperti tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, tiwul, klepon, dan masih banyak lagi lainnya. Makanan ini kemudian di lengkapi dengan bumbu berupa gula merah cair dan juga parutan kelapa muda. Inilah yang membuatnya makin istimewa.

4. Tahok
Salah satu sajian minuman hangat nan lezat yang bisa kamu dapatkan di solo adalah tahok. Tahok merupakan minuman khas Tionghoa yang berkembang di Solo dan menjadi salah satu hidangan favorit. Bahan utama dari hidangan ini adalah sari kedelai yang sudah menjadi agar-agar kemudian diberi kuah jahe. Sari kedelai yang lembut dan pecah dimulut menjadi sensasi tersendiri saat kamu mencicipi makanan Khas Solo satu ini. Untuk rasanya, rasa utama dari wedang ini adalah manis karena bahan dasar kuah yang digunakan terbuat dari gula merah dan juga rebusan daun sereh. Selain memiliki rasa manis, aroma dari wedang ini juga sangat harum karena dalam pembuatannya menggunakan daun pandan dan juga jahe untuk menambah aroma wanginya.