breaking news New

Inilah 3 Bubur Paling Populer di Asia, Pernah Coba?

Bubur adalah makanan pengganti nasi dimana banyak orang menyantapnya ketika waktu sarapan tiba. Makanan ini cukup cepat membuat siapapun yang memakannya kenyang, namun akan mudah lapar juga. Tidak sama dengan nasi, bubur adalah beras yang dibuat hingga sangat lembut dan biasanya makanan ini disajikan sebagai menu masakan di rumah sakit. Selain mudah ditelan, makanan ini juga sehat dan aman dimakan oleh siapapun.

Bubur tidak hanya berada di Indonesia loh! Sajian ini juga ada di berbagai negara di Asia. Uniknya, bubur dari setiap negara selalu menggunakan topping yang berbeda sehingga menjadi identik dan khas untuk setiap negaranya. Nah, berikut ini 3 bubur paling populer di Asia yang mungkin pernah atau akan kamu coba.

1. Bubur Teochew, Singapura

Salah satu bubur populer di Singapura adalah Buur Teochew. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan menjadi hidangan kesukaan masyarakat Singapura. Bubur Teochew mengalami sedikit banyak modifikasi sesuai dengan pekembangan waktu dan lidah masyarakat lokal. Warga setempat menikmati bubur ini dengan berbagai macam pilihan lauk seperti kangkong goreng, ikan kukus, telur asin, hingga lok bar.

2. Okayu, Jepang

Bubur yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat, yang berasal dari Jepang. Bubur khas Negeri Sakura ini dipercaya dapat mengobati penyakit umum seperti demam atau masuk angin, itulah mengapa bubur ini disebut sebut setara dengan sup ayam yang dihidangkan saat sakit. Okayu diolah dengan baik dengan kaldu dashi atau miso, sehingga menciptakan tekstur yang lembut dan mudah dicerna. Jika dibandingkan dengan bubur di negara lainnya, Okayu memiliki tekstur yang lebih kental dengan rasio air dan beras yaitu 1 : 5. Bahan tambahan yang juga disajikan di mangkuk yang sama adalah salmon, ayam, sayuran, dan telur.

3. Bubur Ayam, Indonesia

Ini dia bubur kebanggaan nusantara, Bubur Ayam khas Indonesia yang memiliki cukup banyak penggemar terutama di pagi hari dimana bubur akan dijadikan menu sarapan. Adat tersebut sudah turun menurun dari zaman dahulu, yakni dengan memakan makanan ringan di pagi hari namun mengenyangkan, satu makanan yang dapat menjawabnya adalah bubur. Bubur Ayam Indonesia terdiri dari bahan tambahan kacang kedelai, daging ayam, telur rebus, bawang goreng, jeroan, seledri, dan pastinya kerupuk. Hal tersebut membuat tekstur bubur menjadi kental yang lezat.


Bubur dari berbagai negara di Asia memanglah unik dan memiliki karakter masing-masing dimana kamu bisa menemukannya di pagi atau malam hari. Kamu bisa menambahkannya dengan bahan pelengkap lain seperti kecap atau sambal apabila diperlukan. Dari 3 bubur tersebut, apakah ada yang pernah kamu coba?