breaking news New

7 Solusi untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet

Memanfaatkan Teknologi untuk Mendulang Pendapatan Tambahan Memanfaatkan Teknologi untuk Mendulang Pendapatan Tambahan

Internet telah membawa pengaruh yang besar terhadap semua aspek kehidupan.

Tidak hanya mempermudah pekerjaan dan komunikasi, internet juga dapat membantumu untuk memperoleh penghasilan.

Jutaan orang dari berbagai negara di dunia telah menggunakan internet. Beragam aplikasi dan media sosial juga terus bermunculan.

Itu artinya, peluang kamu untuk menghasilkan uang dari internet menjadi semakin besar.

Kamu bisa mulai menggunakan internet untuk promosi bisnis sehingga dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menjadi influencer dan mendapatkan banyak uang dari konten bersponsor.

Belum lagi, berbagai website freelance dengan berbagai kategori yang memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana pun dan kapan pun.

Jadi sebenarnya, ada banyak sekali peluang yang dapat digunakan sebagai cara mendapatkan uang dari internet.

Berikut beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan:

1. Jualan Online sebagai Dropshipper

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba, yaitu berjualan online sebagai dropshipper.

Dikutip dari laman Shopify, dropshipping merupakan metode jualan online yang tidak mengharuskan kamu untuk memiliki stok barang.

Kamu hanya perlu melakukan promosi produk di internet. Nantinya, kamu menggunakan pihak ketiga untuk melakukan pengemasan dan pengiriman pesanan pelanggan.

Ini merupakan solusi bagi kamu dalam menghasilkan uang jika tidak memiliki cukup banyak modal untuk berbisnis.

2. Jual Foto Melalui Microstock

Apakah kamu hobi fotografi atau memiliki kemampuan mengambil foto yang baik? Jika iya, coba manfaatkan hal tersebut sebagai cara untuk mendapatkan uang dari internet.

Kamu bisa menjual foto-foto hasil karyamu di internet melalui situs microstock dari seluruh dunia. Misalnya, Shutterstock, Dreamstime, AdobeStock, iStock, dan lainnya.

Jenis foto yang bisa kamu jual untuk mendapatkan uang pun beragam. Mulai dari foto pemandangan alam, jalanan, produk, dan lainnya.

Cukup akses website microstock tersebut dan lakukan pendaftaran. Nantinya, foto-foto yang kamu unggah akan melalui proses seleksi dari editor.

Foto-foto yang berhasil lolos dapat dibeli oleh orang lain dari seluruh dunia dan menghasilkan royalti atau komisi untuk kamu.

3. Menjadi Influencer

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya yang bisa kamu coba, yaitu dengan menjadi influencer di media sosial.

Kini, sosok influencer atau orang-orang yang berpengaruh di media sosial semakin banyak bermunculan. Entah itu di bidang fashion, beauty, kuliner, dan lain sebagainya.

Siapa saja dapat menjadi influencer, jadi kamu mungkin bisa mencobanya sehingga bisa menghasilkan uang dari internet.

Untuk menjadi seorang influencer, kamu perlu membangun citra diri yang kuat dan menciptakan audiens atau followers.

Kamu bisa mendapatkannya melalui pembuatan dan posting konten menarik yang bisa mendorong audiens media sosial melakukan interaksi dengan kamu.

Jumlah followers dan tingginya tingkat keterlibatan audiens di akun kamu biasanya akan menjadi tolok ukur yang bagus bagi sebuah brand untuk bekerja sama.

Dengan paid promote atau endorsement dari brand, kamu bisa mendapatkan tawaran untuk mencoba produk gratis atau uang, tergantung pada kesepakatan yang dibuat.

4. Menjadi Freelancer

Cara mendapatkan uang dari internet yang lainnya adalah menjadi freelancer atau pekerja lepas. Maksudnya ialah mengerjakan sesuatu tanpa ikatan dari perusahaan. Jadi, kamu hanya perlu melakukan pekerjaan sesuai kesepakatan.

Kamu dapat menemukan berbagai pekerjaan lepas melalui beragam situs freelancer di internet. Kamu pun bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlian.

Misalnya, membuat desain atau ilustrasi digital, menulis artikel untuk media online, entri data, menjadi asisten virtual, dan lainnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu disarankan untuk mencari tahu berapa jumlah tarif dari jenis pekerjaan lepas yang kamu lakukan.

Jadi, kamu bisa mendapatkan uang yang setimpal dengan pekerjaan tersebut. Jangan sampai kamu dibayar dengan tarif freelance yang tak sepadan, ya.

5. Menjadi Vlogger atau Blogger

Seiring berkembangnya internet, kini telah ada beberapa profesi baru yang bermunculan karena pengaruh teknologi. Salah satunya yang paling digemari yakni pekerjaan sebagai vlogger atau blogger.

Kamu pun bisa memilih dari kedua jenis profesi tersebut untuk menghasilkan uang dari internet.

Vlogger merupakan orang yang membuat konten video dan memanfaatkan platform YouTube untuk menghasilkan keuntungan.

Seorang vlogger dapat memonetisasi konten video YouTube mereka dengan memasang Adsense.

Sementara itu, blogger adalah orang yang membuat konten melalui platform website atau blog. Umumnya, mereka menulis artikel dengan kategori spesifik. Misalnya, keuangan, traveling, dan lainnya.

Agar konten yang kamu buat bisa menarik banyak penonton atau pembaca di internet, buatlah video atau tulisan yang menarik, relevan dengan audiens, dan rutinlah untuk menyajikan konten baru.

Jangan lupa juga untuk menjalin hubungan yang baik dengan audiens melalui interaksi.

6. Tutor Belajar Online

Bagi kamu yang memiliki banyak ilmu pengetahuan di bidang tertentu, mungkin bisa memanfaatkannya sebagai cara untuk mendapatkan uang dari internet.

Misalnya, dengan membuka kelas belajar online melalui Google Meet atau Zoom Meeting. Bisa juga dengan membuat konten berisi materi pembelajaran dalam bentuk video dan mengunggahnya di YouTube.

Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan uang tambahan secara online.

7. Mengisi Survei Online

Kamu juga dapat mencoba cara mendapatkan uang dari internet melalui pengisian survei yang dilakukan secara online.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua situs survei online memberikan imbalan berupa uang tunai. Jadi, kamu perlu teliti dalam memilihnya.

Caranya pun mudah, kamu cukup melakukan pendaftaran akun dan mengikuti instruksi survei yang diberikan.

Setelah mengisi survei online, biasanya akan dibutuhkan beberapa waktu hingga kamu mendapatkan pembayaran.

Itu dia cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?