Mungkin Sebagian Besar Orang Sudah Tahu Kartu Remi, Tetapi Tahu Tidak Dari Mana, Kapan, Dimana Kartu Remi Ini Ditemukan ?

Oleh : ftrrahman | 2022-03-30 15:31:41

Kartu remi ditemukan di Tiongkok Kuno pada awal abad ke-9 selama Dinasti Tang (618–907). Referensi pertama untuk permainan kartu dalam sejarah dunia tidak lebih dari abad ke-9 ketika Koleksi Miscellanea di Duyang, yang ditulis oleh penulis Dinasti Tang Su E, menggambarkan Putri Tongchang, seorang putri Kaisar Yizong dari Tang memainkan “permainan daun”. pada tahun 868 dengan anggota klan Wei, yaitu keluarga suami sang putri. Cendekiawan Dinasti Song (960–1279) Ouyang Xiu (1007–1072) menegaskan bahwa kartu remi dan permainan kartu ada setidaknya sejak pertengahan Dinasti Tang dan mengaitkan penemuan mereka dengan perkembangan simultan penggunaan lembaran atau halaman, bukan gulungan kertas sebagai sebuah media tulisan. Buku pertama yang diketahui tentang kartu yang disebut Yezi Gexi diduga ditulis oleh seorang wanita era Tang, dan dikomentari oleh penulis Tiongkok dari dinasti berikutnya.
Selama kejayaan Dinasti Ming di tahun 1368-1644, karakter dari novel populer seperti Water Margin banyak ditampilkan di kartu remi. Pada abad ke-11, kartu remi dapat ditemukan di seluruh benua Asia. "Kartu uang" Cina kuno memiliki empat "setelan": koin (atau uang tunai), string koin (yang mungkin telah disalahartikan sebagai tongkat dari gambar kasar), berjuta-juta koin atau string, dan puluhan berjuta (di mana segudang adalah 10.000). Ini diwakili oleh ideogram, dengan angka 2-9 dalam tiga setelan pertama dan angka 1-9 dalam "puluhan berjuta". Wilkinson menyarankan bahwa kartu pertama mungkin adalah mata uang kertas aktual yang merupakan alat permainan dan taruhan yang dimainkan, seperti dalam permainan kartu perdagangan. Desain pada ubin Mahjong modern kemungkinan berevolusi dari kartu remi paling awal. Namun, mungkin dek kartu pertama yang pernah dicetak adalah dek domino Cina, yang di kartunya kita dapat melihat semua 21 kombinasi sepasang dadu. Dalam Kuei-t"ien-lu, sebuah teks Cina yang disunting pada abad ke-11, kita menemukan bahwa kartu domino dicetak selama Dinasti Tang, sezaman dengan buku-buku cetakan pertama. Kata Cina pái (?) digunakan untuk menggambarkan kartu kertas dan ubin game.
Tags : Kartu Remi